Selasa, 14 Juli 2020

Sudah Tahu Cara Menggunakan Masker Kain Hijab Yang Benar ? Cek Disini

Sejak ditetapkan sebagai pandemi global, masyarakat dihimbau untuk lebih berhati hati dan tidak melakukan aktifitas keluar jika memang tidak terlalu penting. Apabila harus keluar rumah, pastikan lengkapi diri dengan senjata berupa masker untuk menekan penularan terjadi. Mungkin cukup mudah menemukan pedagang Jual Masker kain bertebaran di sudut kota, dan juga perlu diimbangi dengan pengetahuan bagaimana cara menggunakannya.

Cara Jitu Menggunakan Masker dari Kain Khusus Hijab
1. Mencuci Tangan Sebelum Menggunakan Masker
Jauh hari sebelum pandemi ini menyerang, masyarakat berulang kali diingatkan untuk tidak lupa mencuci tangan ketika hendak melakukan suatu hal tertentu. Dan kini ilmu tersebut bukan sekedar teori belaka, karena inilah saat yang tepat untuk dijadikan kebiasaan baru menyambut new normal. Bahkan sebelum mengenakan masker ketika hendak bepergian keluar rumah, dianjurkan mencuci tangan terlebih dahulu sebagai langkah pencegahan.

Cucilah tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir selama kurang lebih 20 detik, dan pastikan seluruh lipatan tangan terkena sabun ada yang terlewatkan lalu bilas hingga bersih. Jika jauh dari sumber air mengalir, gunakan saja handsinitizer dengan kandungan minimal 60 % sebagai alternatif terbaiknya. Hal ini dilakukan agar tangan tetap steril ketika hendak memegang masker.

2. Mengganti Masker Secara Rutin
Hal yang tidak kalah penting dilakukan yaitu mengganti masker yang sudah dikenakan setidaknya setiap 4 jam sekali. Hanya dengan jangka waktu tersebut saja, sudah cukup banyak kotoran baik virus maupun bakteri yang tersangkut di bagian terluar masker. Apabila kondisi mengharuskan Anda berada di luar rumah selama beberapa jam, sangat dianjurkan memiliki masker lebih dari satu yang bisa dibeli di pedagang jual masker kain hijab terdekat.

3. Hentikan Kebiasaan Menyentuh Masker
Masker yang sudah terpasang rapi tampak nyaman dikenakan, namun ada saja kebiasaan nakal dari tangan yang tiada henti menyentuh permukaan masker tanpa disadari. Bahkan ada pula yang secara sadar membuka dan menutup masker selang beberapa menit penggunaan, dengan alasan tidak terbiasa atau suaranya tidak terdengar oleh orang lain. Ada baiknya semua kebiasaan buruk tersebut dihilangkan segera mungkin sebelum terlambat.

4. Mengetahui Cara Tepat Mengenakan Masker
Setelah tangan sudah bersih dan keringkan, inilah saat yang telah ditunggu tunggu telah tiba yaitu mengenakan masker dengan tepat. Sebelum berangkat memasangnya, penting untuk memilih masker yang pas dengan ukuran wajah tepat yang telah direkomendasikan para pedagang jual masker kain terdekat. Ciri ciri masker yang pas yaitu menutupi area hidung, mulut, dan dagu dengan sempurna.

Ketika ukuran masker pas, maka tidak mudah bergeser ataupun terasa longgar di beberapa sisinya. Selain itu, masker khusus hijab umumnya dilengkapi tali yang menjulur panjang yang wajib diikat rapat agar masker tidak mudah lepas. Saat masker dapat melindungi semua area wajah dengan baik, maka droplet maupun partikel kecil tidak mudah masuk namun juga tidak membuat penggunanya merasa sesak nafas.

5. Mengetahui Cara Tepat Melepaskan Masker
Bukan hanya memasang, sebab pelepasan masker juga tidak bisa dilakukan sembarangan.  Hal itu dikarenakan masker yang sudah digunakan, telah terkontaminasi dengan berbagai kotoran. Agar tangan tetap steril, silahkan buka tali pengikatnya di bagian belakang tanpa menyentuh bagian depan masker. Jika belum memiliki masker cadangan sebagai pengganti masker pertama, segera pergi ke pedagang jual masker kain hijab terdekat.

Indonesia menjadi salah satu negara yang masih mengalami peningkatan kasus penularan COVID 19 yang cukup signifikan. Melihat angkanya yang cukup banyak, masyarakat tiada hentinya dihimbau mengenakan masker ketika hendak keluar dari rumah. Bukan sekedar dikenakan, namun pastikan mengetahui cara penggunaan yang tepat demi mendapatkan perlindungan maksimal. Selamat mencoba !

Bagikan

Jangan lewatkan

Sudah Tahu Cara Menggunakan Masker Kain Hijab Yang Benar ? Cek Disini
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.