Kamis, 10 September 2020

3 Bahan Hijab Yang Wajib Dimiliki, Muslimah Harus Tahu

Untuk memenuhi kebutuhan penampilan wanita berkerudung, sangat penting untuk memiliki Hijab yang nyaman dipakai. Namun, tidak semua bahan yang dijual di pasaran nyaman untuk digunakan. Biasanya, anda disarankan untuk tidak memilih yang berkain licin, susah dibentuk, gampang kusut dan terasa panas. Sehingga, seringkali anda malah dibuat repot ketika memakainya. Yuk simak rekomendasi kerudung dengan bahan yang wajib dimiliki.

Rekomendasi Bahan Kerudung Pilihan
1. Voal
Bahan yang sedang hype di kalangan semua orang ini, mulai muncul di sekitar tahun 2017 pada koleksi milik Ria Miranda. Jenis ini berbahan kain voille yang dalam bahasa Perancis berarti kerudung. Bahan voal sangat mudah untuk dibentuk sehingga dapat membingkai wajah anda dengan pas. Jenis bahan ini sangat cocok untuk dikenakan sehari-hari karena sangat mudah dan tidak ribet saat digunakan. Wajar saja jika bahan ini menjadi salah satu jenis bahan favorit.

Voal memiliki ciri khas warna yang sedikit pudar. Meskipun menjadi bahan yang dapat diprint dan sablon, warna yang dihasilkan tidak akan terang menyala. Selain itu, meski tipis bahan ini tidak terawang dan berbulu. Teksturnya yang lembut membuat hijab ini terasa nyaman  dan dingin saat digunakan. Cara merawat bahan voal juga sangat mudah. Setelah dicuci, pastikan anda selalu menyetrikanya dengan suhu rendah untuk menjaga serat kain.

2. Ceruti
Kain ceruti memiliki beberapa macam jenis. Biasanya, jenis yang digunakan untuk bahan kerudung adalah ceruti georgette, ceruti premium, ceruti ultimate dan ceruti diamond. Kain ini merupakan turunan dari kain sifon. Meskipun begitu, kain ini memiliki sedikit perbedaan dengan kain sifon. Meski lebih halus dan lembut, bahan ceruti tidak licin saat digunakan karena memiliki tekstur menyerupai kulit jeruk. Kelebihan lainnya, kain ceruti terasa ringan jika dipakai.

Jenis bahan ceruti merupakan salah satu kain semi premium. Karakteristik kainnya yang elastis, dan terkesan jatuh akan menambah kesan premium saat digunakan. Sehingga, hijab jenis ini cocok digunakan bagi anda yang ingin berpenampilan elegan. Meski begitu, harga jual kain ini masih sangat terjangkau untuk segala kalangan.  Jadi anda bisa mengkoleksi beberapa kerudung berbahan ceruti di lemari anda dan memakainya untuk segala macam acara.

3. Crinkle
Berbeda dari kedua bahan sebelumnya, crinkle merupakan kerudung berkain kusut. Material kusut atau lecek yang digunakan malah menjadi ciri khas dari bahan ini. Biasanya kain crinkle sangat cocok bagi anda yang sedang terburu-buru, dan tidak sempat menyetrika kerudung. Anda tidak perlu malu lagi mengenakan kerudung yang masih kusut. Karena bahan kusut makin menambah kesan mewah dan modis bagi penggunanya.

Biasanya, detail pinggiran hijab crinkle sengaja tidak dijahit. Namun, anda tetap bisa memakainya dengan nyaman. Selain itu, jenis bahan mudah mengikuti bentuk wajah. Jadi, anda tidak perlu repot mengenakan banyak jarum. Untuk tampilan sederhana, namun tetap modis anda dapat memakai pashmina crinkle dan melilitkan sisanya di leher anda. Tak heran, jika bahan crinkle ini menjadi pilihan banyak orang sebagai jenis bahan yang harus dimiliki.

Memilih bahan kain kerudung memang sedikit tricky. Tidak semua wanita paham bahan apa yang nyaman dan tidak ribet untuk digunakan di segala suasana. Banyaknya ragam bahan yang dijual di pasaran, membuat sebagian orang semakin bingung menentukan kualitas bahan yang bagus. Kesalahan dalam memilih kerudung tak jarang malah menjadikan penampilan anda terlihat berantakan. Jadi sebelum memutuskan memakainya, pahami bahan kerudung yang anda miliki.

Bagikan

Jangan lewatkan

3 Bahan Hijab Yang Wajib Dimiliki, Muslimah Harus Tahu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.